Breaking News

Waspadai, 7 Gejala Awal Serangan Jantung

Waspadai sekecil apapun gejala serangan jantung yang Anda alami. (Unsplash/Pexels)


Amanah Anak Negeri-- Serangan jantung umumnya terjadi akibat kurangnya suplai darah ke jantung. Selain itu, adanya penyumbatan di pembuluh darah juga bisa menjadi penyebab terjadinya serangan jantung. Bila Anda masuk dalam kelompok orang yang memiliki risiko tinggi untuk terkena serangan jantung, seperti kelebihan berat badan, menderita penyakit diabetes melitus, memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan tekanan darah tinggi, maka Anda harus berhati-hati terhadap semua gejala serangan jantung.

Bila selama ini Anda mengira gejala serangan jantung terjadi beberapa saat saja saat serangan tersebut terjadi, maka Anda harus mengetahui lebih banyak tanda awal serangan jantung. Satu bulan sebelum serangan jantung terjadi, sebetulnya tubuh akan menunjukkan beberapa gejala yang tak boleh Anda abaikan, seperti:

1. Rasa lemah yang tak biasa
Tubuh yang tiba-tiba terasa lemah menandakan adanya kekurangan aliran darah dari maupun ke jantung. Hal ini bisa terjadi akibat penyempitan pembuluh darah dan melemahnya otot jantung.

2. Pusing
Bila ada kekurangan aliran darah, maka pusing akan menjadi gejala lain yang patut diwaspadai. Kurangnya sirkulasi darah dapat memengaruhi aliran darah ke otak dan mengakibatkan rasa pusing.

3. Keringat dingin
Keringat dingin adalah gejala lain yang mengindikasikan bahwa tubuh Anda berada dalam masalah. Aliran darah yang tidak cukup akan menyebabkan tubuh menjadi lebih dingin.

4. Nyeri dada
Ini mungkin menjadi salah satu gejala yang umum terjadi pada serangan jantung. Jika Anda mengalami rasa sakit di dada dan area tubuh lain seperti lengan, punggung dan bahu, segera hubungi dokter. Nyeri dada hingga sesak napas bisa menjadi gejala awal masalah jantung.

5. Sakit flu
Banyak penderita serangan jantung yang melaporkan mengalami gejala sakit flu sebulan sebelum terjadi serangan jantung.

6. Sesak napas
Saat terjadi sesak napas, artinya paru-paru yang membutuhkan oksigen tidak mendapatkan aliran darah yang dibutuhkan. Ini akibat dari keadaan jantung yang mengalami gangguan.

7. Mual, nyeri perut dan mengalami gangguan pencernaan
Tanpa disadari, rasa mual, nyeri perut hingga gangguan pencernaan yang Anda alami ternyata berhubungan dengan masalah jantung.

Orang-orang yang memiliki faktor risiko tinggi untuk mengalami penyakit jantung, sebaiknya rutin memeriksakan kesehatan. Sehingga, saat gejala-gejala kecil ini muncul, Anda bisa segera mendapatkan pertolongan.


Article By Rianti Fajar
Sumber: 1health.id