Breaking News

Bisa Juga Dialami Anak, Kadar Kolesterol Tinggi

Memeriksa kadar kolesterol darah anak perlu dilakukan secara berkala. (Unsplash/Jessica To'oto'o)


Amanah Anak Negeri-- Kadar kolesterol yang tinggi diikuti beberapa faktor lainnya, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kurang aktivitas fisik, atau obesitas, membuat seseorang berisiko mengalami gangguan jantung. Sebab, tingginya kadar kolesterol dalam darah mengakibatkan timbunan lemak dan membuat dinding arteri mengeras. Kondisi yang dikenal sebagai atherosclerosis ini bisa dimulai sejak anak-anak.

" The National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) merekomendasikan pemeriksaan kadar kolesterol pada anak usia 9 hingga 11 tahun, yang kemudian diulang kembali ketika anak berusia 17 hingga 21 tahun.

Bicara soal kolesterol, ada dua tipe kolesterol yang harus diketahui, yaitu “kolesterol baik” atau HDL dan “kolesterol jahat” atau LDL. Nah, kolesterol yang menyebabkan gangguan jantung adalah kolesterol LDL. Makanya, kita harus menjaga agar level LDL tetap rendah.

Bila anak berusia lebih dari delapan tahun memiliki kadar LDL 190 mg/dL ke atas, sudah harus diberi obat jenis statin untuk menurunkan kadar kolesterolnya. Resep ini biasanya diberikan dokter jika anak memiliki riwayat hypercholesterolemia, yaitu kondisi seseorang dilahirkan dengan level kolesterol LDL tinggi ".

Namun, cara yang paling ampuh untuk menjaga kadar kolesterol anak adalah dengan mengontrol pola makannya. Biasakan anak untuk makan buah, sayur, dan biji-bijian, serta batasi konsumsi daging merah. Untuk daging ayam, sebaiknya pilih bagian dada tanpa kulit. Selanjutnya, batasi juga konsumsi makanan tinggi kolesterol dan mengandung lemak jenuh dengan cara memilih susu rendah lemak, hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, lalu gunakan minyak sayur untuk memasak.

Selain mengontrol pola makan, dorong pula anak untuk rajin berolahraga. Minimal, ajak anak lebih banyak bermain di luar rumah, agar banyak melakukan aktivitas fisik setiap hari.

Sumber: Majalah Silver, Siloam Hospitals.


Article By Rianti Fajar/1health.id