Breaking News

Wajib Anda Ketahui, 3 Metode Persalinan

Foto ilustrasi (Internet)

Amanah Anak Negeri-- Setiap ibu sebaiknya mengetahui metode proses persalinan untuk mempersiapkan diri saat melahirkan, Semua ibu hamil pasti memiliki keinginan untuk melahirkan secara normal, lancar, dan tak memiliki banyak kendala. Namun, rencana tak selalu berjalan sesuai dengan harapan. Ada beberapa persalinan yang membutuhkan bantuan, hingga proses pembedahan karena beberapa alasan medis.

Setidaknya ada tiga metode persalinan yang bisa Anda jalani, yaitu:

1. Alami tanpa bantuan

Proses persalinan, atau kelahiran melalui vagina ini terbagi dalam 3 tahapan, yaitu, pembukaan jalan lahir, kelahiran bayi, dan pengeluaran plasenta. Persalinan yang lancar biasanya memakan waktu sekitar satu jam, namun ada juga yang memerlukan waktu yang lebih lama dari itu.

2. Alami dengan bantuan

Jika kehamilan Anda sudah memasuki usia 42 minggu, namun belum juga muncul tanda-tanda kelahiran, seperti kontraksi atau pecah air ketuban, maka kemungkinan besar dokter akan menawarkan Anda untuk diinduksi. Induksi merupakan yaitu bantuan untuk mempercepat persalinan yang memicu terjadinya kontraksi hingga terjadi pembukaan jalan lahir. Induksi bisa diberikan melalui infus atau obat.

3. Sectio caesar atau bedah sesar

Beberapa kondisi kehamilan yang membahayakan keselamatan ibu atau janin seringkali membuat ibu harus melahirkan melalui operasi bedah sesar. Umumnya operasi sesar dilakukan untuk menyelamatkan nyawa ibu dan bayi melalui sayatan pada dinding rahim yang masih utuh. Operasi ini memiliki risiko lima kali lebih besar dibanding persalinan normal. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh pembiusan, atau ibu mengeluarkan darah lebih banyak.


Article By Rianti Fajar
Sumber: 1health.id